Monday 23 February 2009

is + have been

Dalam sebuah tayangan acara hiburan di TV, seorang reporter mewawancarai seorang DJ atau manajer sebuah klub di luar negeri. Aksen dan pengucapan bahasa Inggris si reporter bisa dibilang lumayanlah--nyerocos keren bak orang yang sudah tahunan tinggal di negeri berbahasa Inggris--sampai kemudian dia mengajukan pertanyaan,"when is this club have been exist?"

Red alert!!!
  • "Is" (present tense) dan "have been" (present perfect tense) tidak bisa digabungkan dalam satu kalimat seperti di atas. Maksudnya, sebuah kalimat sederhana hanya memiliki satu jenis "tense".
  • Sebagai sebuah subyek (atau obyek?), "this club" masuk dalam kategori third-person singular (orang ketiga tunggal), jadi penggunaan kata "have" harus diganti menjadi "has".
  • Ketika menggunakan bentuk past tense maupun past or present perfect tense, verb (kata kerja) yang digunakan adalah bentuk kedua atau ketiga yang harus diberi tambahan "d/ed" (kecuali untuk jenis kata kerja tak beraturan). Jadi untuk kalimat di atas, "exist" perlu diubah menjadi "existed".
  • "Been" merupakan past participle untuk to be, penggunaannya perlu disesuaikan dengan kebutuhan, jadi tidak serta merta selalu muncul mendampingi kata "have" ketika menggunakan present perfect tense.
jadi bukankah sebaiknya dia menggunakan kalimat: "[since] when has this club existed?" atau "how long has this club existed?"...?

Please correct me if I'm wrong.

0 comments: